Jumat, 24 November 2017

Apakah Mandi Malam Berbahaya?

Apakah Mandi Malam Berbahaya? - Risiko mandi malam mungkin berlaku untuk bayi, tapi efek dari bahaya pada orang dewasa, seperti asumsi di masyarakat sampai saat ini, mungkin hanya takhayul.


Beberapa orang percaya bahwa mandi malam itu berbahaya bagi kesehatan, namun belum terbukti sepenuhnya karena sejauh ini mempelajari risiko mandi malam terbatas. Namun, bukan berarti mandi malam gratis dilakukan oleh siapa saja, terutama pada bayi.

Para ahli percaya bahwa sangat rentan terhadap ketidakstabilan suhu dalam tiga bulan pertama kehidupan. Suhu dingin dapat menyebabkan hipotermia, suatu kondisi ketika tubuh seseorang turun secara signifikan hingga di bawah 35 derajat celcius dari suhu normal 37 derajat celcius. Bayi rentan terhadap hipotermia karena ketidakmampuan tubuh untuk mengekstrak suhu. Segera mencari pertolongan medis bila setelah terpapar udara dingin, anak nampak menghirup suhu tubuh yang cepat, pucat, dingin, gemetar, dan terlihat benar.

Karena itu, dianjurkan untuk tidak memaksa anak mandi di malam hari. Jika anak benar-benar perlu mandi pada pasien atau di malam hari, gunakan air hangat saat suhunya dingin. Setelah mandi, segera keringkan bayi dengan handuk dan berbaringlah di atas kasur yang hangat sehingga bayi bisa merasa nyaman setelah mandi dan bisa tidur nyenyak di malam hari.

Sebenarnya tidak ada standar baku tentang jumlah kemacetan yang harus diwaspadai bayi. Yang paling penting adalah aktivitas mandi tidak membuat bayi kedinginan dan tidak mengubah jam mandi sehingga tubuh bayi bisa menyesuaikan rutinitasnya. Beberapa orang tua memilih untuk meniduri bayi mereka di pagi hari sekitar pukul 09.00 sampai 11.00.

Pada jenis apa sebaiknya mandi pada malam hari?

Dalam beberapa keadaan, mandi malam dianjurkan, misalnya sebelum operasi. Saat akan menjalani operasi, pasien disarankan mencuci diri dengan mandi malam sebelumnya. Pasien biasanya diperintahkan untuk mandi dengan produk yang mengandung chlorohaxidine gluconate. Bisa juga dengan sabun sanitizer yang bebas leluasa bila tidak ada sabun khusus yang diberikan. Lanjutkan pengeringan tubuh dengan pakaian dan pakaian bersih. Hal yang sama juga dianjurkan untuk dilakukan. Saat mandi, Anda tidak perlu mencukur area untuk berlari. Jika ternyata dia butuh cukur, petugas kesehatan akan di rumah sakit. Selain itu, sikat kuku Anda dan lepaskan semua minyak atau makeup saat Anda memakainya

Pada pasien yang menjalani operasi di kepala, shampo biasanya juga dibutuhkan produk yang mengandung chlorhexidine gluconate pada malam hari dan di pagi hari sebelum operasi.

Mandi malam juga bisa dilakukan oleh mereka yang berkeringat banyak di siang hari. Mandi di malam hari sebelum tidur atau setidaknya cuci ketiak atau kaki Anda saat baunya kurang asyik. Lalu keringkan dan gunakan anti keringat untuk menangkal bau keringat. Suhu tubuh menurun pada malam hari, sehingga kandungan anti keringat bisa menyelinap masuk ke dalam tubuh untuk menghilangkan bau keringat.

Jika Anda merasa perlu mandi di malam hari tapi tidak menyukai udara dingin, cobalah melakukannya dengan udara hangat. Selain meringankan pikiran, ini bisa membantu Anda tidur lebih lancar.

baca artikel sebelumnya : Khasiat Kulit Semangka Bagi Kesehatan

diposting Oleh : daftarkhasiatdanmanfaat.blogspot.co.id/

Apakah Mandi Malam Berbahaya?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apakah Mandi Malam Berbahaya?

0 komentar:

Posting Komentar